Monday 24 November 2014

Subhanallah...Makan Tembikai Jadi Cerdik

Tembikai adalah buah musim panas yang dengan mudah boleh dijumpai di negara mana pun. Selain harganya mampu dibeli, rasa manis dan menyegarkan membuat buah ini disukai ramai orang. Berikut, fakta mengejutkan manfaat tembikai bagi kesihatan.
1. Meningkatkan kekuatan otak
Tembikai memiliki sumber vitamin B6 terbaik, yang diperlukan otak untuk tetap berfungsi dengan baik. Jenis air yang dikandung tembikai juga mirip dengan cairan dalam otak. Maka memakan tembikai diyakini mampu meningkatkan kekuatan otak.
 2. Memenuhi Keperluan Tubuh terhadap Cairan
 Diantara jenis buah-buahan, semangka mengandung air yang paling tinggi. Menurut USDA, sebiji tembikai mengandung 91,5 persen air sehingga semangka bisa membantu tubuh tidak kekurangan cairan sepanjang hari. Makan atau minum jus tembikai setiap hari adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga tercukupinya kebutuhan cairan tubuh selama musim panas.

 3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Segelas Jus semangka, mengandung 1,5 kali lycopene yang lebih banyak dari satu tomat besar. Lycopene adalah antioksidan kuat yang bermanfaat untuk menangkis radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan sel. Tak hanya itu, lycopene juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan yang terkandung dalam semangka juga terbukti mampu menurunkan risiko kanker.
4. Baik Untuk Kesehatan Mata Semangka juga mengandung vitamin A, yang bagus untuk kesehatan mata. Mengkonsumsi sekitar 100 gram semangka secara rutin bisa meningkatkan kekuatan pandangan mata dan melindunginya dari berbagai infeksi.
5. Mengurangi Nyeri Otot Sejumlah penelitian menemukan jus semangka bisa membantu mengurangi nyeri otot setelah berolahraga. Itu karena semangka mengandung citruline yang sangat tinggi sehingga bisa meningkatkan fungsi arteri dan mengurangi tekanan darah. Jadi, jika Anda mendadak nyeri otot, tak ada salahnya mengatasinya dengan minum jus semangka.
 6. Mengurangi Berat Badan. Ini kabar baik bagi mereka yang sedang diet. Semangka rendah kalori dan tinggi kandungan airnya sehingga bisa membantu menurunkan berat badan.
7. Melindungi dari Sinar UV Lycopene dalam semangka mengandung pigmen karotenoid sehingga bisa melindungi tubuh dari sengatan sinar UV, kulit terbakar hingga kanker kulit. Jangan ragu untuk memasukkan semangka dalam daftar makanan sehat yang wajib dikonsumsi.
Sumber:  (arrahmah.com)


No comments:

Post a Comment