Saturday, 25 February 2017

Membaca itu Menyehatkan, Mulailah dan Rasakan Manfaatnya!

 Apakah Anda suka membaca buku-buku sejarah, buku-buku tentang pemimpin besar atau ilmu pengetahuan, atapun bacaan lainnya yang bermanfaat? Jika iya, maka perlu diketahui, membaca adalah kebiasaan yang menyehatkan. Dikutip dari Natural Society, berikut 5 penelitian yang menunjukkan bahwa membaca benar-benar baik untuk kesehatan Anda:

1. Membaca Dapat Meningkatkan Keterampilan Sosial

Sebuah studi baru-baru menemukan bahwa membaca dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk membaca pikiran dan perasaan orang lain. Dengan cara ini, membaca buku dapat mem
pengaruhi kemampuan sosial Anda. Para peneliti menemukan mereka yang membaca buku-buku, terutama sastra lebih mampu membaca emosi orang dengan melihat wajah mereka.

“Saya fikir itu adalah penelitian yang benar-benar menarik,” kata peneliti psikologi Raymond Mar. “Tampaknya sebagian besar hal itu cocok dengan semakin banyaknya pekerjaan yang menunjukkan bahawa apa yang kita baca dan buka memiliki dampak yang sangat menarik pada kemampuan sosial kita dan kemampuan kita untuk memahami apa yang orang lain fikirkan dan rasakan,” jelasnya.

2. Membaca Dapat Melindungi Diri dari Penyakit Alzheimer...


Beberapa tahun yang lalu, para ilmuwan bahawa mereka yang rajin membaca memiliki kemungkinan kecil menderita Alzheimer di usia tua. Diterbitkan dalam Prosiding National Academy of Sciences pada tahun 2001, penelitian ini menemukan bahawa orang dewasa yang menggunakan otak mereka untuk melakukan kegiatan seperti membaca dan bermain game, sedikit kemungkinan untuk menderita gangguan otak degeneratif.

3. Membaca Dapat Mengurangi Depresi

Beberapa buku memiliki kekuatan untuk mengurangi depresi. Sebuah jurnal di PLOS One tahun 2013, menunjukkan bahawa pasien penderita depresi yang melakukan terapi diselingi membaca buku dapat membantu diri mereka untuk mengurangi penyakit itu dibanding pasien yang hanya menerima perawatan tradisional.

4. Membaca Dapat Menguragi Tingkat Stres

Membaca juga dapat mengurangi tingkat stres. Para peneliti dari University of Sussex menemukan bahawa membaca adalah cara yang paling efektif untuk mengatasi stres. Lebih efektif daripada mendengarkan muzik, minum secangkir teh, atau bahkan pergi berjalan-jalan.

5. Membaca Dapat Meningkatkan Mental

Mereka yang gemar membaca memiliki ketajaman fikiran. Bukan hanya pengetahuan baru yang didapat dari membaca, tetapi orang-orang tua yang suka membaca mengalami penurunan mental lebih lambat daripada mereka yang tidak.

Dari sini, Anda mungkin sudah mengerti, bahawa membaca tidak hanya menyenangkan tetapi juga baik untuk hidup Anda. Belum terlambat untuk memulainya. Anda dapat merasakan sendiri manfaatnya jika Anda benar-benar melakukannya.
Sumber: Natural Society/KIBLAT.NET

No comments:

Post a Comment